Bioma Hutan Tropis

Bioma Hutan Tropis



Bioma hutan tropis merupakan bioma yang memiliki keanekaragaman jenis tumbuhan dan hewan yang paling tinggi. Meliputi daerah aliran sungai Amazone-Orinaco, Amerika Tengah, sebagian besar daerah Asia Tenggara dan Papua Nugini, dan lembah Kongo di Afrika.
Ciri-ciri:
-          Curah hajannya tinggi, merata sepanjang tahun, yaitu antara 200 - 225 cm/tahun.
-          Matahari bersinar sepanjang tahun.
-          Dari bulan satu ke bulan yang lain perubahan suhunya relatif kecil.
-        Di bawah kanopi atau tudung pohon, gelap sepanjang hari, sehingga tidak ada perubahan suhu antara siang dan malam hari.


-        Flora: pada biorna hutan tropis terdapat beratus-ratus spesies tumbuhan. Pohon-pohon utama dapat mencapai ketinggian 20 - 40 m, dengan cabang-cabang berdaun lebat sehingga membentuk suatu tudung atau kanopi.
-        Tumbuhan khas yang dijumpai adalah liana dan epifit. Liana adalah  tumbuhan yang menjalar di permukaan hutan, contoh: rotan. Epifit  adalah tumbuhan yang menempel pada batang-batang pohon, dan tidak merugikan pohon tersebut, contoh: Anggrek, paku Sarang  Burung.
-      Fauna: di daerah tudung yang cukup sinar matahari, pada siang hari  hidup hewan-hewan yang bersifat diurnal yaitu hewan yang aktif pada siang hari, di daerah bawah kanopi dan daerah dasar hidup hewan-hewan yang bersifat nokfurnal yaitu hewan yang aktif pada malam hari, misalnya: burung hantu, babi hutan,kucing hutan, macan tutul.




























0 komentar:

Poskan Komentar